Libur Lebaran, Disdukcapil Bulungan Tetap Layani Masyarakat 

diterbitkan: Jumat, 28 Maret 2025 09:24 WITA
Pelayanan di Disdukcapil Bulungan pada Jumat (28/3/2025). 

TANJUNG SELOR – Walaupun sudah masuk libur panjang dalam momen lebaran Idul Fitri 2025, pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulungan tetap berjalan.

Kepala Disdukcapil Bulungan, Jamaluddin Saleh mengatakan itu dilakukan sesuai perintah Surat Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor : 400.8/3995/Dukcapil tertanggal 20 Maret 2025 terkait Hal Layanan Dukcapil pada Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2025.

“Lalu dasar pelaksanaan lainnya adalah Surat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Nomor : 400.8/46/DKPS tanggal 21 Maret 2025 Perihal Layanan Dukcapil pada Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2025,” ujarnya, Jumat (28/3/2025).

Baca juga  Kebijakan Efisiensi Membuat APBD Kaltara 2025 Turun ke Angka Rp 2,9 Triliun

Kemudian, Instruksi Kepala Disdukcapil Kabupaten Bulungan pada rapat yang diselenggarakan pada 27 Maret 2025 di Ruang Kepala Disdukcapil Bulungan.

“Walaupun sudah waktunya libur, Disdukcapil Kabupaten Bulungan tetap memberikan layanan kepada masyarakat,” paparnya.

Ia menyebutkan pada Jumat (28/3/2025) pelayanan administrasi kependudukan dimulai pada pukul 08.00 – 11.00 Wita. Selanjutnya pada Kamis 3 April 2025 dari pukul 08.00 – 12.00 Wita, kemudian di Jumat 4 April 2025 pada pukul 08.00 – 11.00 Wita.

Baca juga  Tak Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran, ASN Pemprov Kaltara Siap-siap Disanksi

“Diharapkan dengan dilaksanakannya pelayanan pada tanggal 28 Maret, serta 3 dan 4 April 2025, Disdukcapil Bulungan dapat memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat yang sekiranya di hari libur dimaksud membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan,” tuturnya.

Jamaluddin menjelaskan, dengan adanya pelayanan yang dilaksanakan pada hari libur lebaran ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya dalam hal aksesbilitas pelayanan administrasi kependudukan.

Baca juga  Pemberantasan Tipikor, BPKP Kaltara Fokus Cegah dan Deteksi 

“Tujuan pelayanan ini sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik yang prima oleh Disdukcapil yang membahagiakan masyarakat dan berdampak langsung kepada masyarakat,” tuturnya.

Selanjutnya program itu sebagai wujud kehadiran Pemkab Bulungan dalam hal ini Disdukcapil Bulungan sebagai pelayan masyarakat.

“Termasuk juga sebagai upaya mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Bulungan,” tutupnya. (**)

Bagikan:
Berita Terkait