Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau Minta Layanan Rumah Sakit Ditingkatkan, Respons Keluhan Pasien

diterbitkan: Selasa, 6 Mei 2025 09:56 WITA
Antrean pasian di Instalasi Rawat Jalan RSUD Abdul Rivai

BERAU – Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau, Ahmad Rifai menyampaikan aspirasi masyarakat yang mengeluhkan kualitas pelayanan di rumah sakit milik pemerintah daerah. Menurutnya, ini bukan kali pertama ia menerima keluhan tersebut, karena sebelum ini sudah cukup sering pasien mengeluhkan situasi layanan di Rumah Sakit.

Baca juga  Polisi Diminta Lebih Intens Lakukan Patroli, Cegah Aksi Balap Liar Selama Ramadan

“Ini harus jadi alarm serius bagi manajemen rumah sakit, supaya mereka bisa melakukan perbaikan menyeluruh,” kata pria yang akrab disapa Rifai ini.

Dia membeberkan, keluhan yang diterima pihaknya mencakup permasalahan obat-obatan, layanan ke pasien hingga keberadaan dokter spesialias. Rifai menyebut, masyarakat menilai ketiga hal tersebut sangat jauh dari harapan masyarakat.

Baca juga  Kantor DPRD Punya Lapangan Bulutangkis, Rahman Minta Penggunaan Dimaksimalkan

“Maka dari itu, ini harus bisa jadi fokus utama pembenahan layanan kesehatan dan rumah sakit daerah,” sambungnya.

Rifai menambahkan, umumnya pasien pemegang Kartu BPJS lah yang mengeluhkan ketersediaan obat. Ia mengaku kerap menerima laporan bahwa pasien diminta untuk membeli obat sendiri meski terdaftar sebagai peserta BPJS.

“Kalau obat disuruh beli sendiri, terus gunanya BPJS untuk apa? Ini yang semestinya harus segera dibenaji oleh manajemen,” tegas Rifai.

Baca juga  Masalah Tapal Batas Urung Selesai, DPRD Minta OPD Terkait Lekas Cari Langkah Penyelesaian

Rifai menekankan kepada pihak manajemen rumah sakit untuk bisa meningkatkan kualitas layanan mereka. Pasalnya, layanan kesehatan merupakan sektor penting dan utama dalam mendukung pembangunan di Bumi Batiwakkal.

Dia meyakini, jika layanan kesehatan mumpuni, maka masyarakat bisa lebih sehat dan tidak perlu kesulitan dalam mendapatkan layanan kesehatan. (adv)

 

Bagikan:
Berita Terkait